Beranda · Situs Terkait · Menu 1 · Privacy Policy · Tentang

Mengatasi SD Card Tidak Terbaca

mengatasi SD card Tidak Terbaca
Micro SD card
SD card merupakan media penyimpanan yang banyak digunakan untuk handphone ataupun kamera. SD card memang sangat penting karena kadang penyimpanan dengan memory internal tidak mencukupi untuk menyimpan file, gambar, aplikasi, video, dll. Memory SD card banyak dijual di konter-konter sampai toko handphone. Banyak variasi ukuran, mulai dari 0,5 GB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, sampai 64 GB. Namun seiring perkembangan zaman, ukuran kecil SD card semakin dijauhi pengguna handphone karena kapasitasnya tidak mencukupi. Untuk sekarang, yang paling banyak digunakan adalah yang berukuran 4 GB keatas. Selain itu harga SD card dari tahun ketahun juga mengalami penurunan. Jadi nanggung kalau beli yang kapasitasnya sedikit.

Seperti hardware lainnya SD card juga harus diperlakukan baik, merawat SD card sebenarnya tidak terlalu sulit. Cukup dengan tidak terlalu sering cabut dan pasang, karena akan membuat tembaga yang ada pada SD card tergores dan akhirnya tidak bisa digunakan lagi. Selain itu ketika SD card tidak terpakai alangkah baiknya untuk menyimpan kembali kedalam bungkus SD card agar mudah ditemukan ketika mencarinya. Kalau SD card hanya Anda letakkan begitu saja, kemungkinan besar Anda akan kesulitan menemukannya dan akhirnya hilang.

Masalah yang sering dihadapai oleh pengguna SD card adalah SD card tidak terbaca oleh perangkat ponsel. Sangat kesal sekali kalau SD card tidak bisa terbaca, apalagi didalamnya banyak file penting. Namun Anda tidak perlu terlalu panik dalam masalah SD card tidak terbaca. Dalam artikel ini akan dibahas sedikit solusi yang bisa Anda coba agar SD card bisa terbaca kembali dan file penting Anda bisa kembali. Baiklah langsung saja kita simak cara mengatasi SD card tidak terbaca berikut ini.


Mengatasi SD card tidak terbaca :

Cara Pertama, mengatasi SD card tidak terbaca karena adanya kotoran yang menempel:

Dalam cara ini, penyebab utama memory tidak terbaca adalah adanya kotoran yang menempel dalam tembaga SD card, dalam mengatasi masalah ini kita bisa menggunakan cara yang sederhana, cukup cari penghapus karet. Biasanya terletak di tempat pensil adek kita. hehe. berikut langkah mengatasi SD card yang disebabkan oleh kotoran yang menempel pada tembaga.
  1. Cabut SD card dari ponsel dengan hati-hati.
  2. Langung saja bersihkan tembaga yang berwarna kuning menyerupai emas yang terdapat di bagian atas SD card. Bersihkan dengan penghapus pensil
  3. Bersihkan secara hati-hati dan jangan terlalu keras dan bersemangat ya. Karena menggosok terlalu keras akan semakin merusak permukaan tembaga SD card. Bersihkan secara merata agar plak yang menempel pada SD card hilang.
  4. Masukkan memory SD card pada ponsel Anda
  5. Matikan Handphone kemudian hidupkan kembali. Lihat hasilnya, semoga SD card Anda bisa kembali berfungsi.
Itulah langkah pertama untuk mengatasi SD card yang tidak terbaca oleh ponsel, namun kadang setelah kita melakukan hal tersebut ternyata masih belum bisa terbaca oleh ponsel. Padahal sudah digosok sampai lelah, Lalu bagaimana yang harus kita lakukan? Kalau cara pertama diatas tidak berhasil silahkan lakukan cara yang kedua. 


Cara kedua, mengatasi SD card yang tidak terbaca melalui komputer.

Cara kedua akan sedikit memerlukan usaha, karena kita akan mengatasi SD card yang tidak terbaca melalui komputerSiapkan card reader atau jika kalian berada diwarnet mintalah kepada admin warnet, biasanya admin menyediakan beberapa card reader. Baiklah kalau sudah langsung kita praktekan cara yang kedua.


  1. Keluarkan SD card dengan perlahan dari perangkat ponsel Anda, masukkan kedalam slot Card reader sesuai portnya. jangan dipaksakan kalau tidak masuk karena memang itu tandanya portnya tidak sesuai.
  2. Masukkan card reader tadi kedalam slot USB laptop atau komputer.
  3. Buka windows explorer dengan cara klik ikon folder pada taskbar atau anda bisa menekan tombol windows+E. Cari letak perangkat SD card Anda, kemudian klik kanan.
  4. Pada tab menu pilih tools, lalu klik [ada bagian check now.
  5. Centang dua pilihan yang muncul, yaitu pada opsi automatically check system dan scan for and attempt recovery of bad sector kemudian tunggu sampai pengecekan selesai. langkah ini bertujuan mengecek system dan mendeteksi bad sector yang menginfeksi SD card Anda.
  6. Setelah pengecekan selesai, eject memory SD card Anda dengan cara klik kanan, eject.
  7. Setelah proses eject selesai, pasanglah SD card ke dalam ponsel kembali dengan hati-hati. Semoga cara diatas dapat membantu mengembalikan fungsi SD card Anda seperti semula.
Dengan cara diatas semoga masalah SD card yang tidak terbaca dapat teratasi. Kalaupun tidak berarti ada kerusakan yang lain. Jika tidak terbaca di handphone namun terbaca di PC maka lakukan format di komputer, namun sebelumnya backup file yang menurut Anda penting di komputer. Kemudian kalau sudah, lakukan proses format dengan cara klik kanan -> format pada device SD card Anda. Tunggu sampai proses pemformatan selesai, kalau sudah pindahkan kembali file backup di komputer kedalam SD card Anda. Semoga hal ini dapat mengatasi SD card tidak terbaca.

Semoga artikel mengenai cara mengatasi SD card yang tidak terbaca ini dapat bermanfaat, kalau menurut Anda artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ya. 

Salam, Komputer Indonesia



Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Mengatasi SD Card Tidak Terbaca"

Post a Comment

Berkomentarlah yang pantas. Karena Kami tahu Anda ber-etika